Trima kasih tuk mu SMAKER JAYALogoSMAKER
Visimu bawaku maju
Trampil berkarya berahklak mulia
Unggul dalam mutu hasilku
Paculah  terus bersatu padu

Trima kasih tuk mu bapak bu guru
Jasamu membawaku pandai
………

Itulah sepenggal syair  mars Smaker  yang sering kita dengarkan setiap hari Senin pagi saat upacara bendera. Lalu siapakah pengarang lagu tersebut ? Bagaimanakah kisah di balik penciptaan lagu ini ?

Melalui beberapa informasi yang disampaikan oleh beberapa pihak, Gen ‘s crew mencoba menggali cerita di balik pembuatan lagu ini. Ternyata ada beberapa orang yang terlibat di dalamnya. Siapakah dia ? Beliau adalah Bapak Drs. Darto guru olah raga di Smaker  yang ternyata juga mempunyai jiwa seni yang tinggi sehingga oleh mitra kerjanya sering dijuluki orang yang dekat dengan mikrofon, karena setiap  ada even di sekolah beliau selalu tampil membawakan lagu-lagu nostalgia dengan gayanya yang kocak.

Di sela-sela aktivitas sekolah kami mencoba menemuinya , kemudian beliau bercerita. “Awalnya inspirasi itu muncul saat melihat Smaker yang begitu megah dan telah berusia setua ini, sayang sekali sekolah ini kok belum mempunyai lagu mars sebagai lagu kebanggaan nasional Smaker”, Ungkap  mantan  guru olah raga SMAN Kandat Kediri itu sambil mengenang masa lalunya. Secara panjang lebar kemudian beliau bercerita ,makin asik juga cerita-ceritanya.  Waktu itu  tahun 2002 saat Smaker masih di bawah pimpinan Bapak Drs. Sunaryo. Smaker yang merupakan sekolah yang tertua di Kabupaten Nganjuk wilayah timur yang lahir tahun 1964 akan mengadakan ulang tahun ke 36. Peringatan ini adalah acara pertama kali diselenggarakan oleh sekolah kita karena selama ini tanggal kelahiran sekolah masih digali , hingga akhirnya ketemulah tanggal hari jadi itu yaitu tanggal …. bulan April 1964.   Serangkaian acara telah  dipersiapkan dengan meriah diantaranya adalah acara prosesi yang akan  diiringi lagu-lagu, namun lagu tersebut hanya lagu wajib saja. Tim prosesi yang di koordinatori oleh Ibu Dwi Atmi Rahayu  juga punya ide kalau di antara lagu-lagu yang dibawakan nanti ada lagu mars Smaker, kebetulan saat itu Ibu Dwi Nugroho sebagai pembina paduan suara juga berpikir alangkah baiknya kalau saat itu kita juga punya lagu mars Smaker, naaah….. klop lah sudah antara Bapak Darto, Ibu Dwi Atmi dan Ibu Dwi Nugroho, namun dalam pembuatan lirik lagu masih merasa kesulitan, akhirnya muncul ide kalau lirik lagu diambilkan dari kalimat dalam visi misi Smaker yaitu “Unggul dalam mutu, Berakhlak mulia, Trampil dalam berkarya. “ Saya hanya mengotak atik kalimat dalam visi misi Smaker, saya rangkaikan setelah selesai saya sambil bersenandung, waktu itu saya lakukan saat menunggui anak-anak ulangan semester 1 tahun 2002 “, Ungkap orang yang punya hobi berkebun ini.

Pembuatan lagu belum selesai sampai di situ, kemudian setelah lirik lagu selesai Bapak Darto meminta kepada tim paduan suara untuk menyanyikan, namun karena notasinya belum ada hanya senandung mars Smaker saja yang ada maka mengalami  kesulitan lagi.Berkat ide dari Ibu Dwi Nugroho melalui Ibu Kristin Ratna wati salah satu guru seni tari di Smaker, beliau meminta agar dibuatkan notasi mars Smaker dengan minta bantuan suami ibu Kristin yaitu Bapak Edy Purnomo,S.Pd salah satu guru di SMP Petra 2 Surabaya. Dengan berbekal rekaman senandung mars Smaker yang di lantunkan ibu Dwi Nugroho, Bapak Edy Purnomo mencari satu persatu notasi lagu” , kata Bapak  Darto. Setelah selesai pembuatan  notasi , untuk pertama kali mars Smaker dinyanyikan waktu ulang tahun Smaker yang ke 38

Sekarang lagu itu tidak hanya dinyanyikan saat peringatan ulang tahun sekolah saja tetapi saat upacara bendera hari Senin anak-anak wajib menyanyikan lagu tersebut. Harapannya dengan lagu tersebut anak-anak menjiwai ungkapan rasa terima kasih anak kepada bapak ibu guru atas jasa-jasanya, dan ungkapan terima kasih bapak ibu guru kepada siswanya atas prestasi – prestasi yang telah diraih baik di sekolah maupun di luar sekolah. Bapak Darto juga berharap agar lagu ini tidak hanya anak saja yang menyanyikan, namun bapak ibu guru dan karyawan juga menyanyikan saat upacara.

Upaya untuk memasyarakatkan dan melestarikan lagu ini ke depannya, bapak dua anak ini mengharapkan agar dalam even-even tertentu diadakan  lomba musik  sebagai lagu wajibnya adalah menyanyikan mars Smaker . Dan itu sudah terlaksana pada acara hip-hip hura kemarin.

Naah…akhirnya lengkap sudah lirik dan notasi mars Smaker yang setiap hari Senin kita nyanyikan bersama-sama. Ternyata pembuatan mars Smaker panjang juga ya… ceritanya dan melibatkan banyak pihak. Selamat dan sukses selalu buat Pak Darto dan kawan – kawan , tetap berkreasi dan berkarya, Pak… Kami selalu menunggu karya-karya Bapak kembali dan suara merdu bapak. Jayalah terus Smaker……

By  Tata @  Venda


Category: Artikel Siswa

Tags: , , , ,